Setup Pesangon

Digunakan untuk menampilkan setup dari tarif pesangon yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Komponen Pesangon dan Komponen Tax Pesangon didapatkan dari menu Master Komponen.

Overtime (Khusus Full Version)

Digunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis perhitungan overtime pada masing-masing grup sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Apabila menggunakan default perhitungan standar dari pemerintah maka parameter yang digunakan adalah sesuai dengan ketetapan perkalian jam yang diatur oleh pemerintah.

Setup Tabel

Setup Tabel digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap master data yang akan digunakan dalam sistem TaxCalc sesuai dengan peraturan pemerintah dan perusahaan  Anda.

  • Setup Jamsostek,

    Setup Jamsostek digunakan untuk mengisi persentase dari masing-masing jenis jamsotek yang ada (JKK, JPK, JKM, dan JHT). Persentase ini akan digunakan sebagai parameter untuk perhitungan jamsostek pada laporan Proyeksi Jamsostek. Setup Jamsostek hanya digunakan pada masa tahun takwin sebelum tahun 2015 (tidak termasuk tahun takwim 2015).


    Salah satu kelebihan dari TaxCalc Sistem adalah Jamsostek perusahaan dapat Anda cetak/print langsung pada slip gaji. Jumlah Jamsostek yang ditanggung perusahaan dapat ditampilkan langsung pada kolom pendapatan dan kolom potongan. Kecuali TaxCalc Light – Free, maka User diperbolehkan untuk mengubah setup dari Jamsostek ini. Persentase digunakan untuk perhitungan Jamsostek pada komponen gaji dengan Ref. R12 atau R05. Perhitungan dilakukan dengan menekan tombol SET JAMSOSTEK pada komponen SPT (JHT & JHTS).

  • BPJS Ketenagakerjaan,

    Setup BPJS Ketenagakerjaan digunakan untuk mengisi persentase dari masing-masing jenis BPJS Ketenagakerjaan yang ada (JKK, JPK, JKM, JHT, dan JP). Persentase ini akan digunakan sebagai paremeter untuk perhitungan BPJS Ketenagakerjaan pada laporan Proyeksi BPJS Ketenagakerjaan.

    Setup BPJS Ketenagakerjaan ini hanya digunakan untuk masa tahun takwin sesudah tahun 2014 (dimulai pada tahun takwim 2015 sebagai pengganti dari Jamsostek). Persentase ini digunakan untuk perhitungan BPJS Ketenagakerjaan pada komponen gaji dengan Ref. R12 atau R05. Perhitungan dilakukan dengan menekan tombol SET BPJS-TK, SET BPJS-JP, SET LESS BPJS-TK dan SET LESS BPJS-JP pada komponen SPT.


    Di dalam setup BPJS Ketenagakerjaan terdapat tambahan Jaminan Pensiun (persentase dan Nilai Maksimum Jaminan Pensiun) yang mana tidak terdapat pada Jamsostek yang terdahulu. Nilai Maksimum JP tidak dapat Anda ubah dikarenakan mengikuti peraturan perhitungan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah di dalam BPJS Ketenagakerjaan. Sama seperti Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dapat Anda cetak/print langsung pada slip gaji. Jumlah BPJS Ketenagakerjaan yang ditanggung Perusahaan ditampilkan langsung pada kolom Pendapatan dan kolom Potongan.

    Kecuali TaxCalc Light – Free, maka User diperbolehkan untuk mengubah setup dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

  • BPJS Kesehatan,

    Setup BPJS Kesehatan digunakan untuk menentukan nilai persentase dan nilai maksimum dari masing-masing jenis BPJS Kesehatan yang berlaku pada tahun Takwim yang aktif sesuai dengan peraturan BPJS Kesehatan yang ada.

    Setup BPJS Kesehatan ini hanya digunakan untuk masa tahun takwin sesudah tahun 2014 (dimulai pada tahun takwim 2015).

    Persentase ini digunakan untuk perhitungan BPJS Kesehatan pada komponen gaji dengan Ref. R05. Perhitungan dilakukan dengan menekan tombol Set Total BPJS Kesehatan, dan Set LESS BPJS Kesehatan pada komponen SPT.


    Di dalam setup BPJS Kesehatan terdapat persentase yang harus dibayar Perusahaan dan Karyawan serta Nilai Maksimum dari upah yang akan dikalkukasikan dengan persentase masing-masing setiap bulannya. Semua setup ini tidak bisa diubah dikarenakan nilai persentase dan nilai maksimum yang ada mengikuti peraturan BPJS Kesehatan sehingga apabila ada perubahan maka sistem secara otomatis akan diperbaharui.

  • User Login,

    User Login digunakan untuk menambah User yang berhak masuk ke dalam sistem TaxCalc. Fasilitas ini juga dapat mengubah password User. Anda dapat pula menambah User/pengguna sesuai dengan registrasi pembayaran yang Anda lakukan. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free.

  • Master Komponen,

    Master Komponen digunakan untuk mengisi data master dari komponen-komponen gaji yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dimana setiap komponen gaji disesuaikan dengan referensi dari form SPT 1721-A1 yang ada (dapat berupa komponen pendapatan atau komponen potongan).


    Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free. Semua komponen gaji yang dibuat oleh perusahaan baik pendapatan maupun potongan, diharuskan untuk mengecek isi dari SPT 1721-A REF. dari komponen gaji yang dibuat supaya sesuai dengan peraturan pajak, termasuk dalam perhitungan BPJS Kesehatan atau tidak, termasuk dalam perhitungan BPJS Ketenagakerjaan atau tidak, pilihan kolom laporan yang harus sesuai antara pendapatan dan potongan, dicetak pada slip gaji atau tidak. Sebab apabila tidak didefinisikan secara spesifik untuk masing-masing komponen maka nantinya akan berpengaruh terhadap perhitungan pajak maupun Take Home Pay dari masing-masing karyawan berkenaan dengan komponen gajinya.

  • Master Currency,

    Master Currency digunakan untuk mengatur kode mata uang yang digunakan dalam proses penggajian dalam perusahaan. Master Currency juga berfungsi untuk mengkonversi mata uang asing ke dalam nilai rupiah dengan menggunakan kurs/rate dari pemerintah yang diatur pada setiap bulannya. Program akan secara otomatis membuat mata uang IDR (Rupiah) setiap kali Anda membuat tahun takwin baru dengan Kurs normal 1 (satu). Isikan semua mata uang yang dipakai pada penggajian, Misalnya : USD, YEN, SGD dll. serta isikan pula nilai kurs yang berlaku.


    Salah satu kelebihan dari Sistem TaxCalc adalah sistem dapat menghitung kembali jumlah gaji yang aktual dan jumlah pajak yang terhutang jika terjadi perubahan pada kurs.

    Misalnya :
    Gaji Pokok USD. 1,000.00
    Nilai Kurs Rp 8,000.00
    Jumlah yang diterima adalah Rp 8,000,000.00
    Jika ada Perubahan pada nilai kurs menjadi Rp 9,000.00,
    maka sistem akan secara otomatis menghitung kembali keseluruhan data karyawan yang menggunakan kurs mata uang USD. Seperti pada contoh, sistem akan menghitung kembali jumlah yang diterima yaitu menjadi Rp.9,000,000.00 dan jumlah pajaknya.

  • Header Laporan,

    Header Laporan digunakan untuk menampilkan header-header dalam laporan dari masing-masing Master Komponen yang digunakan oleh Perusahaan sesuai dengan kolom yang tersedia pada laporan pedapatan dan potongan. Sistem TaxCalc menyediakan maksimal 18 kolom pendapatan dan 18 kolom potongan.


    Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free. User wajib mengisikan nama komponen gaji sesuai dengan dengan peruntukkannya apakah termasuk dalam pendapatan atau potongan karena setup ini akan mempengaruhi pada laporan yang dikeluarkan.

    Keterangan :
    TJ08 : Arti dari dua huruf pertama ( TJ ) adalah Laporan Tunjangan dan dua angka terakhir adalah Kolom pada laporan Tunjangan
    PT08 : Arti dari dua huruf pertama ( PT ) adalah Laporan Potongan dan dua angka terakhir adalah Kolom pada laporan Potongan

  • Divisi,

    Divisi digunakan untuk mengisi data divisi yang ada di dalam Perusahaan. Data divisi ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter divisi. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free.


  • Departemen,

    Departemen digunakan untuk mengisi data departemen yang ada di dalam Perusahaan. Data departemen ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter departemen. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free.

  • Seksi,

    Seksi digunakan untuk mengisi data seksi yang ada di dalam Perusahaan. Data seksi ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter seksi. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light-Free.

  • Sub Seksi,

    Sub Seksi digunakan untuk mengisi data sub seksi yang ada di dalam Perusahaan. Data sub seksi ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter sub seksi. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light- Free.

  • UMK,

    UMK digunakan untuk menentukan nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota yang disesuaikan dengan lokasi Perusahaan Anda. Setup ini dilakukan pada setiap tahun Takwim dan setiap kali ada perubahan nilai UMK dari pemerintah. Nilai UMK ini nantinya akan digunakan sebagai nilai minimum dalam aturan perhitungan BPJS Kesehatan.

    Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free. Setup UMK dapat diganti sesuai dengan perubahan peraturan masing-masing pemerintah daerah mengenai besarnya UMK yang diberlakukan.

    Setup UMK ini hanya digunakan untuk masa tahun takwin sesudah tahun 2014 (dimulai pada tahun takwim 2015).

Jamsostek

    • User dapat menentukan persentase JKK, JPK, JKM, JHT baik yang di bayar perusahaan maupun karyawan. Untuk light version, persentase ini sudah di patenkan. Presentase digunakan untuk perhitungan jamsostek saat penyimpanan komponen SPT dengan Ref.(R12atauR05) dengan menekan tombol SET JAMSOSTEK di komponen gaji.