Master Komponen

Master Komponen,

Master Komponen digunakan untuk mengisi data master dari komponen-komponen gaji yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dimana setiap komponen gaji disesuaikan dengan referensi dari form SPT 1721-A1 yang ada (dapat berupa komponen pendapatan atau komponen potongan).

Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free. Semua komponen gaji yang dibuat oleh perusahaan baik pendapatan maupun potongan, diharuskan untuk mengecek isi dari SPT 1721-A REF. dari komponen gaji yang dibuat supaya sesuai dengan peraturan pajak, termasuk dalam perhitungan BPJS Kesehatan atau tidak, termasuk dalam perhitungan BPJS Ketenagakerjaan atau tidak, pilihan kolom laporan yang harus sesuai antara pendapatan dan potongan, dicetak pada slip gaji atau tidak. Sebab apabila tidak didefinisikan secara spesifik untuk masing-masing komponen maka nantinya akan berpengaruh terhadap perhitungan pajak maupun Take Home Pay dari masing-masing karyawan berkenaan dengan komponen gajinya.

UMK

UMK,

UMK digunakan untuk menentukan nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota yang disesuaikan dengan lokasi Perusahaan Anda. Setup ini dilakukan pada setiap tahun Takwim dan setiap kali ada perubahan nilai UMK dari pemerintah. Nilai UMK ini nantinya akan digunakan sebagai nilai minimum dalam aturan perhitungan BPJS Kesehatan.

Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free. Setup UMK dapat diganti sesuai dengan perubahan peraturan masing-masing pemerintah daerah mengenai besarnya UMK yang diberlakukan.

Setup UMK ini hanya digunakan untuk masa tahun takwin sesudah tahun 2014 (dimulai pada tahun takwim 2015).

Seksi

Seksi,

Seksi digunakan untuk mengisi data seksi yang ada di dalam Perusahaan. Data seksi ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter seksi. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light-Free.

Sub Seksi

Sub Seksi,

Sub Seksi digunakan untuk mengisi data sub seksi yang ada di dalam Perusahaan. Data sub seksi ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter sub seksi. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light- Free.

Departemen

Departemen,

Departemen digunakan untuk mengisi data departemen yang ada di dalam Perusahaan. Data departemen ini nantinya digunakan untuk mengelompokkan karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan serta mengelompokkan laporan-laporan yang memerlukan filter departemen. Setup ini tidak berlaku untuk TaxCalc Light - Free.