BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan,

Setup BPJS Ketenagakerjaan digunakan untuk mengisi persentase dari masing-masing jenis BPJS Ketenagakerjaan yang ada (JKK, JPK, JKM, JHT, dan JP). Persentase ini akan digunakan sebagai paremeter untuk perhitungan BPJS Ketenagakerjaan pada laporan Proyeksi BPJS Ketenagakerjaan.

Setup BPJS Ketenagakerjaan ini hanya digunakan untuk masa tahun takwin sesudah tahun 2014 (dimulai pada tahun takwim 2015 sebagai pengganti dari Jamsostek). Persentase ini digunakan untuk perhitungan BPJS Ketenagakerjaan pada komponen gaji dengan Ref. R12 atau R05. Perhitungan dilakukan dengan menekan tombol SET BPJS-TK, SET BPJS-JP, SET LESS BPJS-TK dan SET LESS BPJS-JP pada komponen SPT.

Di dalam setup BPJS Ketenagakerjaan terdapat tambahan Jaminan Pensiun (persentase dan Nilai Maksimum Jaminan Pensiun) yang mana tidak terdapat pada Jamsostek yang terdahulu. Nilai Maksimum JP tidak dapat Anda ubah dikarenakan mengikuti peraturan perhitungan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah di dalam BPJS Ketenagakerjaan. Sama seperti Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dapat Anda cetak/print langsung pada slip gaji. Jumlah BPJS Ketenagakerjaan yang ditanggung Perusahaan ditampilkan langsung pada kolom Pendapatan dan kolom Potongan.

Kecuali TaxCalc Light – Free, maka User diperbolehkan untuk mengubah setup dari BPJS Ketenagakerjaan ini.